Yudisium Sarjana STKIP YPM ke XVIII

Akademik

STKIP YPM kembali menggelar agenda tahunan, yakni Yudisium Sarjana. Agenda ini merupakan rangkaian agenda wisuda yang akan segera dijelang nanti, Sabtu tanggal 30 November 2019.

Surat Keputusan Ketua Nomor 321 tahun 2019 tentang Yudisium Mahasiswa STKIP YPM Jenjang Program Strata Satu (S. 1) tahun 2019 yang dibacakan oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik,  Dr. Mardalena. Dalam pembacaan SK tersebut, disampaikan bahwa terdapat 159 wisudawan yang tersebar kedalam enam program studi,  dimana ke enam prodi tersebut telah terakreditasi B oleh BAN PT. Ke enam prodi tersebut sebagai berikut: Pendidikan Luar Sekolah 62 orang,  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 8 orang,  Pendidikan Bahasa Inggris 24 orang,  Pendidikan Matematika 17 orang,  Pendidikan Biologi 22 orang,  dan Pendidikan Ekonomi 26 orang.

Yudisium ini berlangsung tepat pukul 09.00 WIB di Auditorium STKIP YPM (Kampus II,  Talang Kawo).  Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STKIP YPM,  Wakil Ketua I dan II berikut dengan seluruh Ketua Program Studi. Kegiatan ini pun dilaksanakan oleh panitia wisuda tahun 2019 serta 40 mahasiswa yang tergabung dalam paduan suara STKIP YPM.

Ketua STKIP YPM, Dr. Endang Solichin. M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Yudisium ini menandakan bahwa telah usainya masa studi mahasiswa. Untuk itu, gunakanlah ilmu padi, baik dalam perilaku maupun ucapan”.

“Saya yakin beberapa diantara kalian akan menjadi pembesar dimasa mendatang, baik sebagai pimpinan daerah (Bupati), KPK,  DPR, Birokrat, Guru dan lain sebagainya. Untuk itu, kalian diminta untuk menjadi pribadi yang kuat,  mandiri, tidak manja, dan pantang menyerah”, lanjutnya.

“Deteksi plagiasi terhadap skripsi yang diberlakukan mulai tahun ini,  diakui berat oleh sebagian mahasiswa, kalian jangan mengeluh. Hal ini dikarenakan tahapan itu mampu meminimalisir tingkat plagiasi sehingga dapat menjamin orisinalitas naskah skripsi sekaligus menjaga kualitas alumni”, pungkas Dr. Endang Solichin,  M. Si mengakhiri sambutannya.

Seperti diketahui bahwa seleksi ASN dengan menggunaka sistem CAT pada tahun 2018 lalu, berkisar 50 alumni STKIP YPM telah berhasil mencatatkan namanya pada SK kelulusan ASN yang tersebar dibeberapa kabupaten dengan beragam instansi. Tentunya ini bukti nyata,  kualitas alumni STKIP YPM sangat mampu bersaing dengan kualitas alumni PTN lain di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *