STKIP YPM Peduli Covid-19: Produksi Hand Sanitizer

Lembaga

Senin, 20 April 2020 Tim dosen melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melaksanakan pembuatan hand sanitizer.

Hand sanitizer produksi dosen STKIP

Kegiatan ini diinisiasi oleh tim dosen Pendidikan Biologi STKIP YPM. Seperti diketahui, langka dan mahalnya harga hand sanitizer di apotik karena diserbu oleh masyarakat dalam mewaspadai pandemi Covid 19 ini.

Arista Ratih, M.Pd selaku ketua tim PKM disela kegiatannya yang berlangsung di Laboratorium Biologi STKIP YPM yang berlokasi di Kampus II Talang Kawo Bangko. “PKM ini didasari oleh langka dan mahalnya harga hand sanitizer di apotik sekitar Kota Bangko. Disamping itu, Labor Biologi STKIP YPM memiliki peralatan yang lengkap”, jelasnya.

Hand sanitizer ini diperuntukkan masih dikalangan terbatas (internal kampus) dikarenakan bahan-bahan yang digunakan ketersediaannya masih sangat terbatas dan pemesanannya membutuhkan waktu lama karena dipesan dari luar kota”, lanjutnya.

PKM ini turut dibantu oleh dua rekan dosen Biologi lainnya yakni Leni Marlina, M. Si dan Pitri Handayani, M. Si.

Dalam pemaparannya, Leni Marlina,  M. Si mengatakan, “diperlukan bahan-bahan berupa alkohol, gliserol, hidrogen peroksida serta aquades dengan komposisi yang tepat dan alat-alat labor yang lengkap.

 

Kita berharap, luaran dari PKM ini berupa hand sanitizer dapat bermanfaat bagi kalangan kampus dalam mewaspadai pandemi Covid 19 ini.
“Semoga saja PKM bisa berlanjut dengan luaran dalam jumlah lebih banyak sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, pungkasnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *