Pelatihan Pengelolaan Program Studi

Akademik

Mengawali kegiatan perkuliahan semester genap tahun akademik 2019/2020, STKIP YPM melalui bidang akademik menggelar agenda kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Pengelolaan Program Studi’.  Kegiatan ini dilaksanakan pagi tadi,  Selasa tanggal 18 Februari 2020 di Aula kampus I STKIP YPM. Kegiatan ini merupakan follow up dari kegiatan serupa yang telah selenggarakan oleh LLDIKTI wilayah X beberapa waktu yang lalu di Jambi.

Ketua STKIP YPM, Dr. Endang Solichin dalam sambutannya, mengatakan bahwa “Pengelola prodi harus mampu memberikan layanan prima, baik bagi para dosen, staf, pimpinan dan mahasiswa. Pembagian tupoksi yang jelas dan kerja sama menjadi point penting dalam performa layanan di tingkat prodi”.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua I dan II, Kepala BP3M, Ketua dan Sekretaris prodi yang baru saja dilantik Ketua beberapa waktu yang lalu.

Wakil Ketua I, Dr. Mardalena dalam pemaparannya tentang penyusunan kurikulum prodi, menyebutkan bahwa pengkajian kurikulum perlu dilakukan secara periodik guna merespon kondisi dan situasi hari ini. “Era Revolusi Industri 4.0 ‘memaksa’ perguruan tinggi melakukan penyesuaian kurikulum. Hal ini terlihat dari terdapat setidaknya tiga core penting yang terintegrasi dalam kurikulum dan pembelajaran berbasis revolusi industri 4.0 yakni: data literacy,  technology literacy dan human literacy”, imbuhnya.

Kemudian Nugroho, ST,.  M. Kom disela-sela pemaparannya mengatakan bahwa “Rancangan Strategis (Renstra) menjadi langkah awal yang perlu disiapkan prodi dalam melaksanakan pengelolaan prodi”, ungkapnya.

Sejalan dengan pemaparan tersebut di atas, Diyan Andriani,  M. Pd selaku nara sumber sekaligus Ketua Prodi menyampaikan bahwa “Menjadi seorang Ka.prodi artinya menjadi seorang Top Role Model”. Selain itu, kaprodi juga  menjadi salah satu motivator bagi dosen prodi dalam menyelesaikan tugas tridharmanya agar dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan.

Lebih lanjut,  “Monev dan Audit Mutu Internal akan dilaksanakan oleh BP3M di seluruh unit di lingkungan STKIP YPM”. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Anggia Pratiwi selaku Kepala BP3M. Hal ini menjadi agenda rutin SPMI disetiap semester guna menjamin mutu perguruan tinggi.

Kegiatan ini ditutup pukul 12.15 WIB, yang ditutup langsung oleh Ketua STKIP YPM. “Pengelola prodi harus dapat bekerjasama dan berkomitmen tinggi dalam menjalankan tupoksinya,  guna menjamin berjalannya seluruh standar mutu yang telah ditetapkan”, pungkasnya sembari menutup kegiatan pelatihan secara resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *