STKIP Launcing Enam Jurnal Elektronik

Senin, 26 Feb 2018, 15:49:19 WIB - 52 View
Share
STKIP Launcing Enam Jurnal Elektronik

Kita sering mengatakan bahwa "saya sudah menerbitkan jurnal" atau "jurnal saya masuk di Fokus" atau sejenisnya. kebiasaan inilah yang harus kita rubah, karena yang kita terbitkan itu tulisan kita atau yang disebut dengan artikel. Jadi, mulailah dari sekarang bahwa bahasa "artikel saya sudah terbit" atau sejenisnya. 

Bahasa yang juga belum sesuai dengan penggunaannya adalah sebutan Jurnal On Line. Jurnal on-linemerupakan jurnal yang bisa kita baca atau dinikmati dimana saja dengan akses internet. Namun, sebutan untuk jurnal yang semacam itu kurang tepat jika disebut dengan sebutan Jurnal Elektronik. Sekali lagi, mari kita biasakan dengan bahasa Jurnal Elektronik untuk OJS. OJS merupkan Singkatan dari Open Journal Systems, Open Journal Systems (OJS) adalah manajemen jurnal dan penerbitan sistem yang telah dikembangkan oleh Proyek Pengetahuan Umum melalui upaya yang didanai pemerintah federal untuk memperluas dan meningkatkan akses ke penelitian.

STKIP YPM Bangko memiliki kepentingan besar terhadap keberadaan jurnal elektronik. Selain untuk menerbitkan artikel dosen serta meningkatkan akses penelitian, hal ini dilakukan untuk meningatkan kualitas layanan dosen. Untuk menjawab kepentingan itu, maka STKIP YPM Bangko melakukan sosialisasi  Jurnal Elektronik (JE) pada hari Jum'at, 20 Oktober 2017. Acara sosialisasi dihadiri oleh beberapa dosen yang akan ditugaskan menjadi pengelola jurnal elektronik Fokus (milik STKIP YPM Bangko), serta enam jurnal prodi, yakni Dilars (PLS), Mat-Edukasia (Pendidikan Matematika), Pelitra (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Lexico (Pendidikan Bahasa Inggris), Ekopen (Pendidikan Ekonomi) dan Biocolony (Pendidikan Biologi).

Ketua STKIP YPM Bangko, DR. Endang Solichin,M.Si mengatakan " kampus STKIP sudah memiliki satu JE yakni FOKUS. Tahun 2017 ini, targetnya adalah semua prodi harus memiliki jurnal elektronik. Nama-nama jurnalnya sudah ada, tinggal menunggu artikel dan pengelolanya siap kerja. Setelah sosialisasi ini, akan dilanjutkan dengan pelatihan untuk pengelolanya. Ada General Manajer (GM), Editor, Selection Editor, dan Reviewer. Mereka akan kerja sesuai tugasnya dengan ketrampilan mengelola jurnal elektronik. Dengan begitu, ketrampilan kinerja meningkat, semangat dosen menerbitkan artikel terfasilitasi".

Hari Kamis, 2 November 2017 pengelola Dilars dari Pendidikan Luar Sekolah (PLS) menjadi titik awal pelaksanaan pelatihan bagi pengelola Jurnal Prodi. pelatihan ini akan diikuti oleh prodi-prodi lain. Nugroho, ST.,M.Kom, selaku pemateri pelatihan mengatakan bahwa pelatihan bagi pengelola jurnal elektronik sangat diperlukan. Di sela menyampaikan materi, Nugroho menyampaikan harapannya bahwa dengan pelatihan yang dilaksanakan, maka semua elemen pengelola akan aktif bekerja dengan terampil dan profesional. Mereka bisa bekerja dimana saja karena datanya dapat diakses melalui internet tanpa harus bertatap muka dengan pengelola lain atau penulis, namun demikian yang perlu diperhatikan adalah alur kinerja serta keaktifannya antara GM, editor, sub editor dan reviewer. Demikian Selamat Bekerja !!

Unidha
Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STKIP) YPM Bangko
STKIP YPM Bangko merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kabupaten merangin dengan moto "Berkualitas, Berkarakter dan Bertaqwa".
Saat ini STKIP YPM Bangko memiliki enam Program Studi.
© 2018 STKIP YPM Bangko STKIP YPM Bangko ON : Facebook Twitter Linked Youtube